Visi

Menjadi Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam terkemuka dan modern dalam mencerahkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa guna membentuk masyarakat Indonesia yang beriman, berilmu, beramal, dan bertaqwa menuju izzul Islam wal muslimin

Misi

Membina dan mengembangkan dakwah dan pendidikan Islam dalam arti yang seluar-luasnya dengan semangat amar makruf nahi munkar. Mengawal dan membela aqidah Islamiyah berdasarkan Al-Qurân dan Sunnah Rasul. Menegakkan nilai-nilai kemanusiaan sesuai ajaran Islam demi kesejahteraan umat dan bangsa lahir dan batin. Meningkatkan kualitas SDM guna mewujudkan masyarakat yang beriman, berilmu, beramal, dan bertaqwa melalui pengembangan kegiatan yang meningkatkan IMTAQ dan IPTEK sesuai aqidah Islam. Mendorong terwujudnya persatuan dan kesatuan umat untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Tentang

Sekolah Islam Alazhar Makassar didirikan pada bulan November 2006 dengan sebuah yayasan Kerjasama yang diberi nama Yayasan Misi Mulia Education yang berkantor di Jl. Pengayoman No. 36 A Panakukang Mas kota Makassar. Yayasan ini mulai merekrut tenaga pendidik dan secara resmi beraktivitas pada bulan Januari 2007.
Yayasan Misi Mulia Education kemudian berganti nama menjadi Yayasan Insan Unggul dengan aktenotaris No.14 tanggal 7 Februari 2007 sekligus ditetapkan sebagai hari jadi sekolah Islam Alazhar Makassar.
Pada tanggal 25 OKtober 2008, dilaksanakan penandatanganan MOU dengan Yayasan Pesantren Islam Alazhar (YPI) pusat,Jakarta. Di tahun yang sama, unit KB-TK 34 dan SD Islam Alazhar 34 Makassar secara resmi beroperasi. Kemudian pada tahun 2013 SMP Islam AlAzhar 24 didirikan dan seterusnya pada tahun 2014 SMA Islam Alazhar 12 Makassar mulai beroperasi.
Pada tahun 2011 Sekolah Islam Alazhar mulai melakukan pembenahan dengan membangun berbagai fasilitas termasuk gedung baru di Jln. Aroeppala, Hertasning Baru, dan setelah gedung tersebut rampung maka seluruh aktivitas pembelajaran dan pelayanan pendidikan berlangsung secara keseluruhan di gedung tersebut sampai sekarang.
Yayasan Insan Unggul berganti nama menjadi Yayasan Sinergi Insan Unggul pada tanggal 23 juli 2014, dalam perjalannya sekolah Islam Alazhar telah mengalami beberapa kali perubahan dan pergantian pengurus serta kepemilikan.
1. Pada tahun awal berdirinya pengurus sekaligus pemilik Yayasan Sinergi Insan Unggul di ketuai oleh Almarhum Bapak H. Andi Baso Abdullah,SE sampai dengan tahun 2016.
2. Pada tahun 2016 sampai sekarang pengurus Yayasan diketuai oleh Bapak Drs. H. Andi Patabai Pabokori.(lihat susunan Pengurus Yayasan).