Tentang Al-Azhar Hertasning

Sekolah Islam Al Azhar Makassar (saat ini Sekolah Islam Al Azhar Hertasning Makassar) bermula dari keinginan pemilik/pendiri Yayasan Misi Mulia Education yang berkantor di Jl. Pengayoman No. 36 A Panakukang Mas kota Makassar menyelenggarakan pendidikan pada jenjang Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Pada bulan November 2006 yayasan ini mulai merekrut tenaga pendidik dan secara resmi beraktivitas pada bulan Januari 2007.

Yayasan Misi Mulia Education kemudian berganti nama menjadi Yayasan Insan Unggul dengan akte notaris No.14 tanggal 7 Februari 2007 sekaligus ditetapkan sebagai hari jadi Yayasan Insan Unggul – Sekolah Islam Al Azhar Makassar.

Pada tanggal 25 Oktober 2008, dilaksanakan penandatanganan MOU dengan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar, Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru untuk mengelola dan menyelenggarakan pendidikan pada jenjang KB-TK-SD Islam Al Azhar 34 di Makassar dan secara resmi menggunakan nama Al Azhar sebagai nama sekolah.

Pada tahun 2011, Yayasan Insan Unggul memindahkan seluruh aktivitas pembelajaran dan pelayanan pendidikan di gedung baru yang beralamat Jl. Aroeppala, Hertasning Baru dan selanjutnya dikenal dengan nama Sekolah Islam Al Azhar Hertasning Makassar.

Pada tahun 2013 SMP Islam Al Azhar 24 dibuka dan pada tahun 2014 dibuka SMA Islam Al Azhar 12 Makassar.

Yayasan Insan Unggul kemudian berganti nama menjadi Yayasan Sinergi Insan Unggul pada tanggal 23 Juli 2014. Dalam perjalanannya Yayasan Sinergi Insan Unggul sebagai yayasan kerjasama yang mengelola Sekolah Islam Al-Azhar Hertasning Makassar telah mengalami beberapa kali pergantian pengurus serta kepemilikan.

  1. Pada tahun awal berdirinya pengurus sekaligus pemilik Yayasan Insan Unggul di ketuai oleh Almarhum Bapak H. Andi Baso Abdullah, SE sampai dengan tahun 2016.
  2. Pada tahun 2016 sampai tahun 2023 pengurus Yayasan diketuai oleh Bapak Drs. H. Andi Patabai Pabokori.
  3. Tahun 2023 (saat ini) pengurus Yayasan diketuai oleh Bapak Drs. H. Jasman Luasin, M.Ed