Di tengah arus globalisasi yang semakin kuat, menjaga dan memperkuat kearifan lokal menjadi sangat penting. Salah satu cara yang efektif untuk melakukannya adalah melalui pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai lokal ke dalam kurikulum sekolah.
Kamis, 22 Februari 2024 Kelas 1 SD Islam Al Azhar 34 Makassar melaksanakan kegiatan pembelajaran tanaman kangkung dengan media tanam tanah dan kompos . Tanaman kangkung bukan hanya sumber gizi yang baik, tetapi juga memiliki nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang sangat berharga. Di samping itu, kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya pertanian dalam kehidupan sehari-hari.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah organisasi yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa yang berkarakter Pancasila. Melalui kegiatan pembelajaran seperti menanam tanaman kangkung, P5 dapat berperan aktif dalam membentuk kesadaran siswa akan pentingnya melestarikan kearifan lokal serta nilai-nilai budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.
Adapun beberapa manfaat dari kegiatan pembelajaran tanaman kangkung ini adalah:
1. Pengenalan Terhadap Lingkungan
Melalui proses penanaman tanaman kangkung, siswa akan lebih memahami siklus alam dan pentingnya menjaga lingkungan sekitar.
2. Pembelajaran Pertanian
Kegiatan ini dapat menjadi pengalaman pertama bagi siswa dalam memahami proses pertanian, mulai dari menyiapkan lahan hingga merawat tanaman.
3. Menghargai Karya
Melalui proses menanam, merawat, dan mengamati pertumbuhan tanaman, siswa akan belajar menghargai hasil karya sendiri serta kerja keras orang lain seperti petani.
4. Memupuk Kemandirian
Dengan merawat tanaman secara mandiri, siswa akan mengembangkan keterampilan dan rasa tanggung jawab dalam merawat sesuatu.
5. Memahami Nilai-Nilai Lokal
Tanaman kangkung memiliki nilai-nilai budaya yang dalam bagi masyarakat Indonesia. Melalui kegiatan ini, siswa akan belajar menghargai nilai-nilai lokal yang ada di sekitar mereka.
6. Kolaborasi dan Komunikasi
Kegiatan menanam tanaman kangkung dapat dilakukan secara berkelompok, sehingga siswa akan belajar bekerja sama, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan teman-temannya. Melalui kegiatan pembelajaran tanaman kangkung kelas 1 SD Islam Al Azhar 34 Makassar oleh Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), bukan hanya pembelajaran akademik yang ditekankan, tetapi juga nilai-nilai budaya, kearifan lokal, dan karakter yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran. Hal ini diharapkan dapat membantu siswa menjadi individu yang lebih sadar akan lingkungan serta memiliki rasa kebanggaan terhadap warisan budaya bangsa Indonesia.